Aneurisma, Serangan Mendadak yang Mematikan

Jakarta, Meski kata pepatah sedia payung sebelum hujan, tetapi nyatanya bila menyangkut urusan kesehatan, tidak semua orang memilih rutin memeriksakan diri sebelum sakit. Seringnya mereka ke dokter, setelah muncul gejala yang mengganggu. Padahal, banyak penyakit berbahaya yang tidak menunjukkan gejala awal. Salah satunya adalah aneurisma.

Aneurisma adalah kelainan pembuluh darah di otak yang disebabkan oleh lemahnya dinding pembuluh darah. Saat dinding pembuluh darah tidak mampu menahan tekanan darah yang relatif tinggi, seiring berjalannya waktu, tekanan tersebut akan menimbulkan penggelembungan atau pelebaran yang disebut dilatasi.

Gelembung yang awalnya kecil akan membesar seiring bertambahnya usia dan makin melemahnya dinding pembuluh. Kondisi ini dapat berakibat fatal kalau kemudian pecah. Dari keseluruhan kasus aneurisma yang ditangani National Hospital, bila dihitung hanya 5% saja diatasi secara dini karena ketahuan secara kebetulan, semisal si pasien ini sedang check up penyakit lain lalu ketahuan ada pembengkakan pada dinding pembuluh darah otak.

selengkapnya....... http://health.detik.com/read/2014/09/26/091647/2701864/763/aneurisma-serangan-mendadak-yang-mematikan?l992205755